Resimen Mahasiswa

Widya Castrena Dharma Siddha(penyempurnaan,pengabdian dengan ilmu keprajuritan) Menwa yg artinya resimen mahasiswa ini adalah kekuatan sipil yg dilatih untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta.Resimen mahasiswa merupakan salah satu komponen pelatihan militer yg bertempat di salah satu perguruan tinggi yg dianggotai oleh mahasiswa-mahasiswi yg berkedudukan di kampus tersebut sebagai anggota.
Sejarah Resimen mahasiswa ini dibentuk pada 13 Juni-14 September 1959 yg diadakan di JAWA BARAT,mahasiswa-mahasiswi WALAWA(wajib latih) di didik di KODAM SILIWANGI,ini dibantu dengam beberapa anggota TNI.
Resimen Mahasiswa ini dibuat untuk mempertahankan NKRI bersama TNI guna mencegah ancaman dan siap melakukan pertempuran dengan menggunakan senjata.
Satuan-satuan dari kampus itu tersebut dikatakan Batalyon yg dimana diatur sesuai wilayah yg telah di sepakati,secara resmi resimen ini didirikan pada tanggal 13 Juni 1959,adapun panca dharma satya yaitu sumpah resimen mahasiswa yg diucap pada saat dilantik,panca dharma satya adalah character dibentuknya Resimen Mahasiswa.