Paduan Suara Mahasiswa Swara Handaru

Unit Kegiatan Mahasiswa PSM Swara Handaru STHB adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang seni, khususnya paduan suara. Tidak jauh beda dengan Paduan Suara Mahasiswa pada umumnya, di dalam UKM PSM Suara Handaru STHB terdapat pembagian – pembagian jenis suara seperti sopran, alto, tenor, dan bass.

UKM PSM Swara Handaru STHB memiliki Sekretariat yang terletak di basement kampus dan korsa berwarna merah yang menjadi ciri khasnya.

Di dalam kepengurusan, UKM PSM Swara Handaru STHB dipimpin oleh seorang ketua dan wakilnya yang membawahi Sekretaris, Bendahara, dan divisi-divisi diantaranya adalah divisi pubdok, divisi humas, divisi rumah tangga, dan divisi kaderisasi. Dalam kepengurusan periode 2020/2021 UKM PSM Swara Handaru STHB menjalankan 4 program kerja yaitu Kompetisi, Konser, Forum Kertas, dan Webinar. Selain itu, setiap divisi juga melaksanakan akvitas kerja yang telah di rencanakan. Program kerja dan aktivitas kerja tersebut telah dirancang sebelumnya yang kemudian di sahkan dalam rapat pleno.

Pada tahun 2015, dibuatlah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga untuk membuat Paduan Suara Mahasiswa STHB memiliki dasar sebagai suatu UKM. Dengan mengambil nama Paduan Suara Mahasiswa Swara Handaru yang memiliki arti “Suara Merdu yang Bersinar Seperti Bintang”.

Pada 27 Mei 2016, terlaksanalah program kerja pertama PSM Swara Handaru STHB, yaitu Live Artcoustic yang kemudian ditetapkanlah 27 Mei 2016 sebagai hari jadi UKM PSM Swara Handaru STHB.

Di Bawah arahan Aldo Randy Ginting, pada tahun 2017 UKM PSM Swara Handaru STHB meraih peringkat 8 pada National Folklore Festival Universitas Indonesia. Dan pada tahun 2019 UKM PSM Swara Handaru berhasil meraih juara 2 pada kompetisi yang sama.

UKM PSM Swara Handaru STHB kemudian melaksanakan konser perdana pada Sabtu, 7 Maret 2020 yang bertemakan “Seruan Bumantara” dengan membawakan total 11 lagu. Konser ini berjalan baik dan lancar dengan antusias yang meriah dari masyarakat yang dibuktikan dengan terjualnya seluruh tiket yang tersedia.