Apa itu UKM PMK-STHB??

Persekutuan Mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Bandung atau yang sering disebut PMK-STHB merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada dikampus STHB, namun yang menjadi perbedaan antara UKM PMK-STHB dengan UKM lain adalah UKM PMK-STHB merupakan UKM yang berlandaskan dengan Keagamaan. UKM PMK-STHB berdiri sejak Tahun 1979 dan disahkan pada 10 Oktober 1980, sehingga UKM PMK-STHB merupakan salah satu UKM tertua di Kampus STHB.

UKM PMK-STHB kini terdiri dari 18 Pengurus, 3 Dewan Pertimbangan, 1 Dosen Pendamping dan seluruh mahasiswa/mahasiswi Kristen STHB sebagai anggotanya. UKM PMK-STHB ada untuk membantu mahasiswa/mahasiswi Kristen selaku anggotanya bertumbuh juga berkembang melalui kegiatan kegiatan yang diadakan kampus maupun kegiatan yang diadakan oleh UKM PMK-STHB itu sendiri, seperti yang tercantum di dalam Visi dan Misi UKM PMK-STHB.

Visi dan misi UKM PMK-STHB yaitu:

  • Visi

“Menjadi Garam dan Terang Dunia”

(Matius 5:13-14)

  • Misi
  • Mewadahi kegiatan mahasiswa/mahasiswi Kristen STHB dalam pembentukan karakter melalui pelayanan yang kristiani
  • Melaksanakan kewajiban dalam pelayanan baik ruang lingkup STHB maupun di luar STHB dengan tidak melepaskan nilai – nilai kristiani dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

NGGA HANYA ITU LHO…

Walau didalam Visi dan Misi UKM PMK-STHB tercantum mengenai “Pelayanan” tetap saja kita masih bisa berorganisasi, sehingga banyak yang bilang join UKM PMK-STHB itu “Berpelayanan sambil Berorganisasi”.

Maka dengan ikut masuk kedalam UKM PMK-STHB kita bisa langsung mendapat poin lebih dari sekedar berorganisasi yaitu melakukan pelayanan, asal pelayanannya tulus untuk Tuhan ya teman–teman.. 🙂

Bagaimana dengan Struktur internal UKM PMK-STHB??

Di dalam UKM PMK-STHB terdapat Ketua, Sekretaris, dan Bendahara, juga terdapat tiga divisi yaitu Divisi Kerohanian, Divisi Pendidikan dan Kaderisasi, dan Divisi Humas dan Logistik. Ketiga divisi ini memiliki fungsi dan juga tanggung jawab atas program kerjanya masing-masing.

Apa sih Fungsi dan Program Kerja Divisi Divisi tersebut??

  1. Divisi Kerohanian

Divisi ini bertanggungjawab atas penyelenggaraan program kerja Persekutuan Doa. Ibadah Jumat Siang, Kunjungan Kasih, Ibadah Penghiburan, dan Renungan-Renungan yang dipublikasikan melalui Social Media UKM PMK-STHB.

  • Divisi Pendidikan dan Kaderisasi

Divisi ini bertanggungjawab atas penyelenggaraan program kerja Diskusi Bersama, Olaharaga Bersama, Happy Day, Mengikuti Lomba/Kompetisi, dan Membuat Karya Tulis atau Bulletin. Selain itu divisi ini bertanggungjawab atas anggota UKM PMK-STHB atau sering disebut Kaderisasi.

  • Divisi Humas dan Logistik

Divisi ini bertanggungjawab atas seluruh Media Sosial UKM PMK-STHB dimulai dari Email, Facebook, Youtube, Blog, Line, Whatsapp, dan Instagram baik dari segi informasi maupun penjarkoman kegiatan UKM PMK-STHB. Selain itu Divisi Humas dan Logistik atau yang sering disebut HUMLOG bertanggungjawab atas penyelenggaraan Kunjungan Kampus  dan juga Pendataan Alumni UKM PMK-STHB.

Tidak hanya itu UKM PMK-STHB memiliki program kerja besar yaitu Masa Bimbingan (MABIM), Natal, Seminar Hukum, Paskah atau Kebaktian Padang, dan Rapat Anggota.

Meski ketiga divisi tersebut memiliki tupoksi masing-masing, ketiga divisi tersebut tetap harus saling membantu maupun memback-up karena sesuai dengan jargon UKM PMK-STHB  yaitu “SALING MENGASIHI”.

Lalu Siapa yang Bertanggungjawab dengan UKM PMK-STHB?

Sebenarnya Pengurus UKM PMK-STHB bertanggungjawab terhadap UKM PMK-STHB itu sendiri namun dengan ketentuan kampus STHB bahwa setiap UKM harus memiliki Dosen Pendamping maka UKM PMK-STHB memiliki Dosen Pendamping yaitu Ibu Dr. Netty.S.R.Naiborhu, S.H.,M.H.,Sp.N. yang merupakan salah satu dosen di kampus STHB. Seluruh Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh UKM PMK-STHB harus diketahui dan disetujui oleh Beliau selaku Dosen Pendamping.

-by PMK STHB